Rabu, 18 Januari 2012

DAFTAR KEJUARAAN PERLOMBAAN KEAGAMAAN SMP NEGERI 1 SINGAPARNA


REKAPITULASI
PEMENANG PERLOMBAAN KEAGAMAAN
23 OKTOBER 2011
SMP NEGERI 1 SINGAPARNA



1.      LOMBA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ)
Juara Ke satu               : DINI AGUSTIANI                          Kelas VII G
Juara Ke Dua              : HIKMAT ABDUL GANI               Kelas VII D
Juara Ke Tiga              : ARMAN ARPIANSYAH               Kelas VII F

2.      LOMBA PIDATO
Juara Ke satu               : OKTA GEMA PRATAMA             Kelsa VII D   
Juara Ke Dua              : MUHAMMAD RAFI N.                 Kelas VII G
Juara Ke Tiga              : EGIS SEHA YASA                         Kelas VII D

3.      LOMBA TAHFIDZ  
Juara Ke Satu              : FIRDA NURAHMI AULA                        Kelas VII I
Juara Ke Dua              : IRMA SITI MARHAMAH             Kelas VII A
Juara Ke Tiga              : ERFIAN RUSDIANSYAH                        Kelas VII E

4.      LOMBA ADZAN
Juara Ke Satu              : YOGA                                              Kelas VIIC
Juara Ke Dua              : ADJIE                                               Kelas VIIG
Juara Ke Tiga              : RENALDI EKA MUFTI R.                        Kelas VIIB

5.      LOMBA CEPAT TEPAT (LCT)
Juara Ke satu               : Kelas VII B
Juara Ke Dua              : Kelas VII A
Juara Ke Tiga              : Kelas VII F

6.      LOMBA KALIGRAFI
Juara Ke Satu              : Achmad Mega Noor F                      Kelas VII B
Juara Ke Dua              : Riki Bangkit Riadi                            Kelas VII G
Juara Ke Tiga              : Oktavia Maulana Lillah                    Kelas VII F

ISLAM ADALAH KEIMANAN DAN PERBUATAN



Islam adalah agama Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW dan agama yang berintikan keimanan dan perbuatan (amal).
Keimanan itu akidah dan pokok, yang di atasnya berdiri syari’at islam. Kemudian dari pokok itu keluarlah cabang-cabangnya.
Perbuatan itu merupakan  syari’at dari cabang-cabang yang dianggap sebagai buah yang keluar dari keimanan serta akidah itu.
Keimanan dan perbuatan atau dengan kata lain akidah dan syariat. Keduanya itu antara satu dengan yang lain sambung- menyambung, hubung-menghubungi dan tidak dapat terpisah yang satu dengan yang lainnya. Keduanya adalah sebagai buah dengan pohonnya, sebagai musyabbab dengan sebabnya atau sebagai natijah (hasil) dengan mukaddimahnya (pendahuluannya).
Oleh karena adanya hubungan yang amat erat itu, maka amal perbuatan selalu disertakan penyebutnya dengan keimanan dalam sebagian besar ayat-ayat Al-Quran Al-karim.
Sebagai missal dapatlah dikemukakan firman-firman Allah Ta’ala :
Qs. Al-Baqarah :25, An-Nahl:97, Qs. Maryam 96.

PENGERTIAN  KEIMANAN ATAU AKIDAH
Pengertian keimanan atau akidah itu tersusun dari enam perkara :
  1. Ma’rifat kepada Allah, ma’rifat dengan nama-namaNya yang mulia dan sifat-sifatNya yang tinggi. Juga ma’rifat dengan bukti-bukti wujud atau adanya serta kenyataan sifat keagunganNya dalam alam semesta atau dunia ini.
  2. Ma’rifat dengan alam yang ada dibalik alam semesta ini yakni alam yang tidak dapat dilihat. Demikian pula kekuatan-kekuatan kebaikan yang terkandung didalamnya yakini malaikat, juga kekuatan-kekuatan jahat yang berbentuk iblis dan sekalian tentaranya dari golongan syetan. Selain itu juga ma’rifat dengan apa yang ada didalam alam ini yang lain seperti jin dan ruh.
  3. Ma’rifat dengan kitab-kitab Allah SWT yang diturunkan olehNya kepada para rusul. Kepentingannya ialah dijadikan sebagai batas untuk mengetahui antara hak dan yang bathil, yang baik dan yang jelek, yang halal dan yang haram, juga antara yang bagus dan yang buruk.
  4. Ma’rifat denbgan Nabi-Nabi serta Rusul-Rusul Allah ta’ala yang dipilih olehnya untuk menjadi pembimbing kearah petunjuk serta pemimpin seluruh makhluk guna menuju kepada yang hak.
  5. Ma’rifat dengan hari akhir dan peristiwa-pristiwa yang terjadi disaat itu seprti kebangkitan dari kubur (hidup lagi sesudah mati), memperoleh balasan, pahala atau siksa, surge atau neraka
  6. Ma’rifat kepada takdir (qadha dan khadar) yang diatas landasannya itulah berjalannya peraturan segala yang ada di alam semesta ini, baik dalam penciptaan atau cara mengaturnya.
Allah SWT berfirman :
As-syura:13 , Al-maidah : 48
Marilah kita kupas secara terperinci kemanfaatannya baik dalam kehidupan perorangan ataupun perkembangan masyarakat ramai :
Pertama ialah Ma’rifat kepada Allah SWT yang akan memancarkan berbagai perasaan yang baik dan dapat dibina diatasnya semangat menuju kearah perbaikan. Ma’rifat ini dapat pula memberi didikan kepada kita untuk senantiasa menyelidiki dan meneliti mana-mana yang salah dan tercela, malahan dapat menumbuhkan kemauan untuk mencari keluhuran kemuliaan dan ketinggian budi dan akhlak dan sebaliknya juga menyuruh seseorang supaya menghindarkan dirinya dari amal perbuatan yang hina, rendah dan tidak berharga sedikitpun.
Kedua ialah ma’rifat kepada Malaikatnya Allah SWT. Hal ini dapat mengajak hati sendiri untuk mencontoh dan meniru prilaku mereka yang serba baik dan terpuji. Juga dapat tolong menolong dengan mereka untuk mencapai yang hak dan luhur. Selain itu mengajak pula untuk memperoleh penjagaan yang sempurna, sehingga tidak satupun yang timbul dari manusia itu melainkan yang baik-baik dan segala tindakannya pun tidak akan ditujukan melainkan untuk maksud yang mulia belaka
Ketiga ialah ma’rifat kepada kitab-kitab Allah SWT. Ini adalah suatu ma’rifat yang memberikan arah untuk menempuh jalan yang lurus bijaksana dan diridhoi Allah SWT dan tentunya sudah digariskan oleh  oleh Allah agar seluruh umat manusia itu menaatinya. Sebabnya ialah karena hanya dengan melalui inilah, maka seseorang itu dapat sampai kearah kesempurnaan yang hakiki, baik dalam segi kebendaan (materi) atau segi kerohanian dan akhlak (adabi)
Keempat ialah ma’rifat kepada rosul-rosul Allah. Dengan ma’rifat ini dimaksudkan agar setiap manusia itu mengikuti jejak langkahnya, memperhias diri dengan meniru akhlak para rosul itu, selain itu juga bersabar dan tabah hati dalam mencontoh sepak terjang beliau itu. Sebab sudah jelaslah bahwa tindak langkahnya para rosul intu mencerminkan suatu teladan yang tinggi nilainya dan bermutu baik sekali, bahkan itulah yang merupakan kehidupan yang suci dan bersih yang dikehendaki oleh Allah agar dimiliki oleh seluruh umat manusia.
Kelima ma’rifat kepada hari akhir dan ini akan menjadi pembangkit yang terkuat untuk mengajak manusia itu berbuat kebaikan dan meninggalkan keburukan.
Keenam ialah iman kepada takdir dan ini akan memberikan bekal kekuatan dan kesanggupan kepasa seseorang untuk menanggulangi segala macam rintangan, siksaan, kesengsaraan dan kesukaran. Sementara itu akan dianggap kecil sajalah segala penghalang dan cobaan.sekalipun bagaimana dahsyat dan hebatnya.
Hal-hal sebagaimana diatas tampak dengan jelas bahwa akidah itu tujuan utamanya memberi didikan yang baik dalam menempuh jalan kehidupan, menyucikan jiwa lalu mengarahkan kejurusan yang tertentu untuk mencapai puncak dari sifat-sifat yang tinggi dan luhur dan lebih utama lagi supaya diusahakan agar sampai tingkatan ma’rifat yang tertinggi.

Contoh RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah                         : SMP Negeri 1 Singaparna
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                      : VII / I
Standar Kompetensi               : 2. Meningkatkan Keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman
      sifat-sifat-Nya
Kompetensi Dasar                   : 2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al qur’an  yang berkaitan dengan
       sifat-sifat Allah SWT.
  2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT
  2.4 Menampilkan prilaku yang mencerminkan iman kepada
        Allah SWT
Alokasi Waktu                        : 2 X 40 Menit ( 1 kali pertemuan )
 

A.    Tujuan Pembelajaran
-          Dapat menyebutkan ayat-ayat al qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT.
-          Dapat mengetahui tanda-tanda adanya Allah SWT
-          Dapat mewujudkan prilaku yang mencerminkan iman kepada Allah SWT

B.     Materi Pembelajaran
-          Ayat-ayat yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT.
-          Tanda-tanda adanya Allah SWT
-          Prilaku yang mencerminkan iman kepada Allah SWT

C.     Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya Jawab

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
-     Mengucapkan salam ketika masuk kelas dan mengawali pembelajaran dengan bacaan al basmallah
-     Mengecek kehadiran peserta didik dan menanyakan kabar peserta didik
-     Membaca ayat al qur’an yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas
-       Apersepsi
-       Mengulas pelajaran sebelumnya tentang Iman kepada Allah  dan sifat-sifat Allah
-       Motivasi
-       Menanyakan materi yang akan dijelaskan kepada peserta didik secara singkat
-       Memberikan sanjungan kepada peserta didik yang bisa menjawab seperti : “Ya benar sekali, Ya bagus dll. Guna untuk menumbuhkan rajin membaca dirumah
-       Guru menjelaskan tujuan yang diharapakan setelah pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
-     Peserta didik melihat tayangan media elektronik yang menayangkan kejadian alam semesta
-     Guru menjelaskan tayangan media elektronik dihubungkan dengan tanda-tanda adanya Allah SWT
-     Peserta didik merenungkan tayangan media dan ayat-ayat yang berkaitan dengan tanda-tanda adanya Allah SWT, dan prilaku yang mencerminkan Iman kepada Allah SWT.

·         Elaborasi
-     Peserta didik membaca dan menelaah berbagai literatur tentang tanda-tanda adanya Allah dan Prilaku yang mencerminkan iman kepada Allah SWT.
-     Peserta didik mengadakan tanya jawab
-     Peserta didik menyebutkan ayat qauliyah dan Kauniyah tentang tanda-tanda adanya Allah SWT.

·         Konfirmasi
-       Guru bersama peserta didik mengadakan tanya jawab tentang tanda-tanda adanya Allah dan Prilaku yang mencerminkan Iman kepada Allah SWT.
-       Guru menyimpulakan materi yang telah di pelajari

3.      Kegiatan Penutup
-          Guru bertanya tentang materi yang telah disampaikan, guna untuk mengukur sejauh mana pencapaian materi yang disampaikan
-          Peserta didik diajak untuk merenungkan tanda-tanda adanya Allah dengan memahami ayat qauliyah dan kauniyah
-          Guru memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
-          Guru memberikan tugas untuk menulis ayat al qur’an yang berkaitan dengan prilaku yang mencerminkan Iman kepada Allah
-          Guru bersama peserta didik membacakan al hamdalah untuk mengakhiri pembelajaran

E.     Sumber Belajar
-          Al Qur’anul Karim
-          Buku LKS PAI SMP/MTs kelas VII hal. 13
-          Buku paket “Mutiara Akhlak dalam PAI” hal. 14-21
-          Buku-buku yang relevan

F.      Penilaian
Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.
Menerjemahkan ayat-ayat al qur’an yang berkaitan dengan sifat salbiyah
Tes tulisan
Jawaban singkat
1.   Tuliskan dalil naqli yang berkaitan dengan sifat Mukhalafatulilhawadits !
2.
Menerjemahkan ayat al qur’an yang berkaitan dengan sifat ma’ani
Tes tulisan
Jawaban singkat
1.   Tertemahkan ayat yangberkaitan dengan sifat kalam di bawah ini !
وَكَلَمَ الله مُوْسَي تَكْلِيمًا
3.
Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah SWT
Penugasan
Pekerjaan Rumah
1.    Sebutkan tanda-tanda adanya Allah dan disertai dalil naqlinya !
4.
Menyebutkan prilaku yang mencerminkan Iman kepada Allah SWT.
Penugasan
Pekerjaan rumah
1.    Buatlah sebuah karya tulis dengan memilih judul sebagai berikut :
a.       Menahan Marah
b.      Sabar dan tawakal
c.       Pemurah